malaysiahealthcare.com In The Media
 
Urban Style , 14 January 2011
Bookmark and Share    
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

' Medical Tourism in Malaysia profiled in Indonesian magazine, Urban Style '

 

MALAYSIA MENJADI SALAH SATU DESTINASI FAVORIT URBANIS UNTUK BERBAGAI KEPERLUAN. MEREKA YANG GEMAR BERBELANJA, DAPAT MENEMUKAN BERBAGAI TEMPAT BELANJA KOMPLIT DI KAWASAN KUALA LUMPUR DAN SEKITAR.

MAU cari branded items di The Pavillion atau Suria KLCC, merek lokal nan stylish di Sungei Wang sampai berburu pernik di China town menjadi agenda belanja yang menyenangkan. Banyak pula pelajar Indonesia yang memilih melanjutkan pendidikan ke negeri jiran ini. Beberapa universitas Australia membuka kampusnya di kawasan Sunway. Dengan living cost lebih rendah dari Australia, mahasiswa tetap bisa mendapat gelar dari universitas negeri Kanguru itu. Mencari keindahan alam, bisa didapat dengan mengunjungi Langkawi atau Penang. Kemiripan bahasa dan adat membuat orang Indonesia tak perlu repot beradaptasi saat mengunjungi negara yang merayakan hari kemerdekaan setiap tanggal 31 Agustus ini.

Selain fasilitas di atas, Malaysia kini memiliki tourist attraction yang tak kalah menarik, wisata medis. “Setiap tahunnya, ada kenaikan sekitar 15 persen dari wisata medis. Tahun 2009, Malaysia menampung lebih dari 410.000 turis medis, 70 persen dari Indonesia,” jelas Vijayan Samuel, Chief Operating Offi cer Malaysia Healthcare. “Pada September 2009 lalu, Malaysia dijuluki sebagai number one destination untuk wisata medis oleh Fox News,” terang Samuel.

Situs Tourism Review pun memasukkan Malaysia sebagai satu-satunya negara di Asia Tenggara ke dalam daftar Top 5 Medical Tourism destinations 2010. Negara lain yang masuk dalam daftar tersebut adalah Panama, Costa Rica, India dan Brazil. Menurut situs tersebut, harga perawatan medis yang lebih terjangkau dibanding Amerika Serikat membuat warga dunia memilih negara asal Siti Nurhaliza itu sebagai destinasi wisata medis. Disamping itu, pertumbuhan ekonomi dan kondisi politik yang stabil membuat turis merasa nyaman.Berbagai perawatan medis tersedia di rumah sakit Malaysia. Ada bedah kecantikan, bedah umum, bedah kardiologi dan kardiovaskular, cuci darah dan banyak lagi.

Teknologi berbeda terasa bila Anda menjalani pemeriksaan kesehatan menyeluruh. Normalnya, usai Anda melakukan medical check-up, kertas dan hasil X-ray harus Anda bawa pulang. Jika berkonsultasi dengan dokter spesialis, tentu repot jika membawa setumpuk dokumen di atas. Malaysia Healthcare memperkenalkan teknologi yang dapat menyimpan semua data medis Anda dalam bentuk digital. Anda akan menerima hasil tes medis dalam USB berbentuk menyerupai kartu kredit.

Pada Mei 2010 lalu, Malaysia Healthcare meluncurkan iPHER (Individual Personal Health Electronic Record). “Perangkat USB ini otomatis ter-integrasi dengan software komputer. Selain menyimpan, bisa juga meng-update hasil data medis setiap Anda habis melakukan pemeriksaan. Selain bahasa Inggris, data bisa ditampilkan dalam bahasa Jerman, Perancis, Spanyol, Arab dan Mandarin,” jelas Suresh Ponnudurai, CEO Malaysia Healthcare.

Perangkat iPHER sangat bermanfaat dalam keadaan gawat darurat. Di alat itu, tersimpan informasi mengenai nama pasien, kewarganegaraan, nama dokter pasien, keluarga terdekat dan alergi yang dimiliki pasien. “Jadi bila Anda pingsan mendadak, mungkin kartu ini dapat memudahkan tim medis melakukan perawatan yang tepat,” lanjut Ponnudurai seperti dikutip The Stars. Menurut Vijayan Samuel, ada 35 rumah sakit swasta yang ditunjuk pemerintah Malaysia sebagai tujuan wisata medis. Semua sudah berakreditasi internasional. Bila Anda hendak melakukan pemeriksaan kesehatan menyeluruh, berikut rumah sakit yang banyak dijadikan tujuan turis Indonesia:

KUALA LUMPUR:
•Ampang Puteri Specialist Hospital
•Gleneagles Intan Medical Centre
•Pantai Hospital Kuala Lumpur
•Prince Court Medical Centre
•Sime Darby Medical Centre
•National Heart Institute

MELAKA:
•Mahkota Medical Centre
•Pantai Hospital Ayer Keroh

PENANG:
•Gleneagles Medical Centre Penang
•Island Hospital Penang.

Prince Court Medical Centre, selain menyediakan paket pemeriksaan kesehatan menyeluruh, lokasinya pun strategis. Terletak dekat dengan salah satu mal terbesar di Malaysia, Suria KLCC (menyatu dengan Twin Tower). Di dalam rumah sakit terdapat kedai kopi internasional dan The Food Galleria. Pantai Hospital Kuala Lumpur juga layak Anda jadikan pilihan. Rumah sakit yang sudah beroperasi selama 30 tahun ini meraih 4 penghargaan pada 2009 lalu: Joint Commission International (JCI), Malaysian Society for Quality in Health (MSQH), International Standard Organization (ISO) dan Baby Friendly Hospital.

Biaya untuk mengikuti pemeriksaan kesehatan menyeluruh, mulai dari 500-4000 ringgit Malaysia (sekitar 1,4 juta-11, 2 juta rupiah). “Semakin tinggi harga paket, pasien akan mendapat penanganan konsultan senior atau spesialis. Konsultan akan merujuk ke dokter spesialis bila diperlukan,” terang Samuel. Untuk Anda wanita aktif, tak ada salahnya mencoba well woman package. “Paket ini memberikan nasihat kesehatan dan gaya hidup bagi perempuan dari berbagai usia,” jelas Dr. Ryan Ponnudurai, salah satu medical advisor dari Malaysia HealthCare.

Ada beberapa tujuan yang ditawarkan Malaysia Healthcare, di antaranya:

PULAU TIOMAN
Terletak 60 kilometer di Tenggara semenanjung Malaysia, pulau ini memiliki pantai yang indah dan fasilitas kelas dunia. Anda bisa snorkeling, diving atau sekadar berjemur di tepi pantai. South Pacifi c, fi lm Hollywood tahun 1958 menjadikan pulau Tioman
sebagai setting pulau Bali Hai. Harga paket 1200-3000 ringgit (3.360.000-8.400.000 rupiah, paket untuk 2 orang, selama 4 hari 3 malam, pilihan hotel bintang 4 atau 5). Paket termasuk pemandu wisata dalam bahasa Inggris – ada ekstra charge untuk bahasa lain.

Berjaya Tioman Resort, salah satu pilihan menginap. Hotel bintang 4 ini dekat dengan sejumlah obyek wisata seperti Air Batang Village, Tioman Marine Park, Marine Life & Coral Reefs serta Air Terjun Asah.

PENANG
Salah satu destinasi favorit wisata di Malaysia, menawarkan hamparan pasir putih dan air berwarna hijau emerald. Nikmati pemandangan indah dari ketinggian 830 meter di atas laut dari kereta gantung. Anda juga bisa mengunjungi kuil Kek Lok Si, kuil Cina terbesar di Malaysia. Ada pagoda Ban Po Thar setinggi 30 meter. Harga paket 800-4000 Ringgit (2.240.000- 11.200.000 rupiah, paket untuk 2 orang selama 4 hari 3 malam, pilihan hotel bintang 4 atau 5).

Shangri-La Golden Sands Resort Penang salah satu hotel resmi yang bekerjasama dengan Malaysia Healthcare. Dari hotel berbintang 4 ini, Anda dapat langsung menikmati pemandangan pantai Batu Feringgi.Hotel ini dilengkapi pusat olahraga air, zona petualangan dan family entertainment center.

Sementara ini, belum ada perwakilan Malaysia Healthcare di Indonesia. “Umumnya pasien menghubungi kami lewat telepon atau e-mail. Ada juga yang meminta saudara atau teman di Malaysia untuk mengatur jadwal dengan kami,” jelas Samuel mengakhiri pembicaraan.

Malaysia Healthcare
8th Floor West Wing
Menara Rohas Perkasa
No. 9 Jalan P. Ramlee
50450 Kuala Lumpur MALAYSIA
Tel : + 60 3 2719 5582
Fax : + 60 3 27195588
www.malaysiahealthcare.com

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------